Selasa, 14 Februari 2012

Bisnis Pulsa All oprator

MEMBANGUN SERVER PULSA ELEKTRIK

           Hampir rata-rata masyarakat untuk segala kalangan sudah terbiasa dengan adanya teknologi komunikasi yang cukup populer yaitu Ponsel dimana jarak sudah tidak lagi menjadi masalah untuk bisa berkomunikasi antar individu-individu.
            Maraknya perkembangan teknologi ini membuat harga ponsel semakin terjangkau untuk rakyat menengah kebawah sehingga sudah tidak asing lagi jika setiap orang memiliki satu atau dua ponsel sekaligus sehingga dapat menggunakan lebih dari dua provider.
meningkatnya jumlah pengguna ponsel dapat dimanfaatkan sebagai lahan bisnis semacam menjual kebutuhan semua jenis isi ulang untuk konsumen yang percaya pada setiap produk provider yang digunakannya.
             Bisnis ini mengandalkan ramainya pengguna ponsel pada kebutuhan isi ulangnya karena untuk bisa berkomunikasi konsumen harus selalu siap sedia dengan pulsa pada kartunya, maka dari itu banyak orang menjual isi ulang dengan elektrik menjadikan bisnis penghasilan tambahan atau matapencaharian.
             Disini kita menjadi pemilik server yang memiliki stock isi ulang, tugas utamanya hanya memberikan saldo sekali waktu untuk para pelanggan yang ingin memulai atau menambah saldo isi ulang elektriknya agar dapat dijual kepada para konsumen pemilik ponsel.


Untuk tempat server, alat-alat yang dibutuhkan, pegawai,  dan dana yang dikeluarkan akan saya bahas dibawah ini:
 






1. Komputer Server
Peralatan yang dibutuhkan yaitu satu unit PC untuk server cukup dengan spesifikasi yang rendah untuk mengecilkan dana yang akan dikeluarkan.
spesifikasi PC server :
- Monitor 15"
- Hardisk 40gb
- RAM 256mb
- Proccesor P4
- Keyboard
- Mouse
Biaya : Rp1.500.000

2. Handphone dan stock isi ulang
Untuk awal berbuka bisnis ini sepertinya cukup dengan menyiapkan beberapa buah ponsel untuk dijadikan penerima pesan dari pelanggan yang meminta untuk dikirimi pulsa kepada konsumennya.
cukup dengan menggunakan ponsel lama seperti siemens C55 sebanyak tiga buah dan Nokia 6016 sebanyak tiga buah. stock dapat didapatkan pada toko-toko yang menjual kartu khusus untuk menjual pulsa seperti dibawah ini:
  • Simpati : MKios
  • Indosat : MTronik
  • XL       : Dompet Pulsa
  • Esia      : Eesia
  • Fren     : Efren
  • Flexi     : Eflexi
  • Dan Oprator lainnya (sesuai permintaan)
Setiap kartu dimasukan saldo untuk dijadikan stock pada server.
Biaya : Rp.32.500.000



3. Pemasangan Server
Untuk pemasangan kita dapat menggunakan salah satu produk jasa yang menawarkan pemasangan server yang dimana biasanya pada jasa ini sudah beserta teknisi yang akan membantu installasi sekaligus pelatihan untuk beberapa hari, sejumlah kabel data ponsel dan software server.
Biaya : Rp.5.000.000

4. Tempat
Tempat untuk memulai bisnis ini sangat mudah karena yang perlu dipikirkan hanyalah meletakan satu buah PC server pada tempat yang cukup aman dari maling dan binatang pengerat, untuk memperkecil biaya PC dapat beroperasi dirumah.



5.Pegawai
walaupun sistem bekerja secara otomatis, namun tetap diperlukan seorang operator yang stand by, tugas operator tersebut, antara lain :
  • Mengulang transaksi yang error dari provider.
  • Menindaklanjuti komplain dari pelanggan (Transaksi lama belum masuk, belum ada report ke pelanggan)
  • Handphone low battery
  • Jika stock habis, memindahkan transaksi ke chip yang masih memiliki stok.
  • Menerima pengisian deposit reseller ( untuk reseller yang datang langsung ke tempat penyedia voucher elektrik).
  • Memindahkan transaksi ke provider yang tidak mengalami error atau yang masih tersedia stok.
  • Menggnati kartu / chip (Jika menggunakan sms sender dengan kartu Bebas Extra, setiap 100 sms, kartu mesti dignati dengan yag baru sehingga bisa tetap mengirim sms balasan)
Biaya : Rp.1.000.000 
6.Promosi
Promosi perlu dilakukan agar semua orang mengetahui jasa yang kita berikan, promosi dapat dilakukan dengan menyebarkan lewat selembaran fotocopy atau melalui media internet
Biaya : Rp.400.000

Total biaya keseluruhan untuk peralatan yang dibutuhkan dibutuhkan adalah Rp. Rp. 40.400.000


Simulasi Bisnis
Server Pulsa Elektrik All Operator
Dengan Modal Awal 40 juta, anda dapat memiliki Server Pulsa Elektronik. dengan sistem seperti ini kita dapat melakukan hingga ribuan transaksi. Di bawah ini adalah perhitungan simulasi bisnis yang dapat di jadikan acuan untuk memulai bisnis server pulsa eletrik. Dengan asumsi tiap agen/dealer melakukan 5 trx/hari. Dari tiap transaksi diambil keuntungan Rp.500,00.
  • Misal bulan pertama anda punya 30 agen/dealer.
30 x 5 trx/hr x 500 = Rp.75.000/hr (2.250.000 /bln)
  • Bulan ke-2 masing-masing agen/dealer mendaftarkan 5 orang, jadi total member anda 180 agen
180 x 5 trx/hr x 500 = Rp.450.000/hr (13.500.000/bln)
  • Bulan ke-3 asumsi dealer/agen masing-masing mendaftarkan agen lagi sehingga total agen/dealer/member anda menjadi 500 (asumsi total member anda selama 3 bulan).
500 x 5 trx/hr x 500 = Rp.1.250.000/hr (37.500.000/bln)

* Bulan Selanjutnya Silahkan hitung Sendiri
* Perhitungan diatas hanya simulasi berdasarkan asumsi.

Kesimpulan :
1. Untuk memulai suatu bisnis baru perlu memperhatikan faktor-faktor yang harus dilakukan dalam berbisnis.
2. Melakukan Bisnis Merupakan eranan penting dalam kelangsungan perekonomian Indonesia dimana UKM bersifat flexibel yang dapat maenghadapi tantangan zaman seperti disaat krisis global sekarang ini
3. Melakukan usaha Bisnis dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan diharapkan bisa meminimalisir tingkat pengangguran sekarang ini.
4. Bisnis tidak berjalan dengan mulus, dikarenakan kekurangan Modal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar